Polda Jatim dan PPAT Siap Kerjasama Atasi Sengketa Tanah

Kapolda Jatim, Irjen Pol Muhammad Fadil Imran saat menemui pengurus Ikatan PPAT Jatim : Foto: Bidhumas Polda Jatim

Bicarasurabaya.com – Masih banyaknya kasus sengketa tanah di Indonesia, khususnya Jawa Timur menjadi keluhan yang dirasakan para Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT). Untuk itu, Ikatan PPAT Jatim meminta bantuan dan kerjasama pihak Polda Jatim untuk mengatasi kasus tanah.

Hal itu disampaikan Ketua Ikatan PPAT Jatim, Isy Karimah Syakir saat bertemu Kapolda Jatim, Irjen Pol Muhammad Fadil Imran di Mapolda Jatim, Selasa (6/10/2020).

Kapolda pun menyatakan siap membantu PPAT dalam menyelesaikan hal tersebut. Bagi dia, ini merupakan salah satu bentuk perlindungan Polri kepada masyarakat.

“Kami dari Polri khususnya Polda Jatim dan jajaran siap membantu apa yang memang menjadi keluhan anggota PPAT maupun Notaris agar bisa bekerja dengan aman dan nyaman. Ini adalah bagian dari perlindungan Polri kepada siapa saja terutama masyarakat,” kata Kapolda.

Dwi Rosuliati, pejabat di Bidang Pengayoman Hukum di PPAT Mojokerto juga menyampaikan, bahwa persoalan terkait tanah di Mojokerto justru sangat rumit.

“Padahal kami sudah membuat bukti dengan benar tetapi masih banyak yang memprotes ke kantor hingga menduduki kantor baik dari ahli waris maupun LSM yang ada di sana,” jelas Dwi.

Menurut Dwi, persoalan tanah ini memang sangat berat. Apalagi persoalan yang ada di kabupaten itu justru lebih banyak jika dibandingkan dengan di kota. “Sehingga kami ingin ada perlindungan hukum dari Polri,” kata dia. (BS02)

SHARE: