Bobol Isi Kotak Amal, Pemuda Pengangguran Ini Diringkus Polisi

Tersangka Orys Setyoko (28) saat di Mapolsek Rungkut Surabaya | Ist

Bicarasurabaya.com – Bobol dan kuras isi kotak amal di dua Masjid berbeda, pemuda pengangguran ini diringkus oleh Polsek Rungkut, Polrestabes Surabaya. Tersangka diringkus diduga saat akan melakukan survei di salah satu Masjid Jalan Manyar Sambongan Surabaya.

Tersangka bernama Orys Setyoko (28) warga Bojonegoro, Jawa Timur. Pengangguran itu sudah dua kali melakukan pencurian kotak amal di masjid yang berbeda, antara lain di kawasan Gununganyar pada Senin (21/9/2020) dan Kamis (24/9/2020) di Sidosermo.

Kapolsek Rungkut, AKP Ibnu Hendry mengatakan, dalam melancarkan aksinya, tersangka membawa linggis dan merusak kotak amal. Aksinya selalu dikerjakan jelang salat Subuh tiba.

“Kita mendapatkan rekaman CCTV dari takmir masjid, untuk dijadikan petunjukan mengungkap kasus ini,” kata Hendry kepada wartawan di Mapolsek Rungkut Surabaya, Selasa (6/10/2020).

Dari hasil kejahatan tersangka, petugas mengamankan barang bukti uang kertas senilai Rp 684 ribu, dan uang logam senilai Rp 20 ribu.

AKP Hendry menjelaskan, dari pengakuan tersangka, uang hasil dari pencurian kotak amal di dua masjid di kawasan Gununganyar tersebut untuk melunasi hutangnya.

“Pengakuan dari tersangka yaitu untuk melunasi hutang. Sedangkan dari hasil penyidikan tersangka baru dua kali, namun kita masih mengembangkan lagi,” ungkap Hendry.

Sementara itu, tersangka Orys kepada petugas mengakui perbuatan mencuri kotak amal di masjid baru dua kali. Dalam setiap aksinya, tersangka sebelumnya melihat kondisi sepi kemudian melakukan pembobolan.

“Baru dua kali (bobol kotak amal, red), untuk bayar utang kepada teman sekitar Rp 1,5 juta,” ujar Orys.

Dalam kasus ini, tersangka Orys dikenakan pasal 363 KUHP, dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara. (BS02)

SHARE: