Fleet Commander Inspection, Upacara Tradisi Sehari Jelang Sertijab Koarmada II

Fleet Commander Inspection di Makoarmada II | Ist

Bicarasurabaya.com – Sehari jelang pelaksanaan serah terima jabatan pimpinan Koarmada II, Panglima Koarmada II, Laksamana Muda TNI Herru Kusmanto dan penggantinya Laksamana Muda TNI ING Sudihartawan, gelar upacara tradisi Fleet Commander Inspection di Makoarmada II, Dermaga Ujung Surabaya, Selasa (6/10/2020) siang.

Dengan menggunakan Kapal Angkatan Laut (KAL) Bawean II-02, kedua orang Perwira Tinggi ini melakukan inspeksi kapal- kapal perang yang tengah bersandar di Pangkalan Koarmada II.

Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Herru Kusmanto mengatakan, Fleet Commander Inspection ini merupakan salah satu tradisi di lingkungan TNI Angkatan Laut (AL). Tradisi ini dilaksanakan untuk memeriksa kesiapan semua unsur yang ada di TNI AL untuk yang terakhir kalinya, sebelum tongkat komando kepemimpinan diserahterimakan.

“Tradisi ini hanya digelar jelang pergantian jabatan Kepala Staf TNI Angkatan Laut serta pergantian jabatan Panglima Koarmada, baik Koarmada 1, Koarmada 2 dan Koarmada 3,” kata Laksda TNI Herru Kusmanto.

Usai memegang jabatan sebagai Pangkoarmada II, nantinya Laksda TNI Herru Kusmanto akan menjalankan tugas barunya sebagai Asisten Perencanaan Umum (ASRENUM) Panglima TNI.

Sedangkan jabatan Pangkoarmada II akan diisi oleh Laksamana Muda, TNI ING Sudihartawan yang sebelumnya bertugas di Lemhanas.

Dalam kesempatan tersebut, Pangkoarmada II juga menyampaikan rasa bangganya pada seluruh Kapal Perang TNI Angkatan Laut yang tengah beroperasi di seluruh penjuru NKRI maupun yang sedang bertugas di luar negeri.

Amanat tersebut disampaikan melalui radio telekomunikasi yang dipancarkan dan diterima oleh seluruh kapal perang TNI AL.

Laksda TNI Herru Kusmanto berharap, seluruh prajurit Koarmada II untuk tetap memberikan dukungan yang sama kepada penggantinya. Ia juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh jajaran yang selama ini dipimpinnya.

“Dari hati yang tulus saya memohon maaf jika ada salah dan kekhilafan selama kepemimpinan saya sebagai Pangkoarmada II. Saya mohon diri dan mohon doa restunya untuk mengemban tugas selanjutnya. Sampai jumpa di medan bhakti selanjutnya, demi TNI Angkatan Laut, TNI, bangsa dan Negara,” tutupnya. (BS02)

SHARE: