BKKBN Jatim Pertahankan Integritas, Akuntabilitas dan Pelayanan Publik

Akselerasi Pembangunan ZI WBK Menuju WBBM

Jajaran BKKBN Jatim saat menerima kunjungan Tim Penilai /Ist
Jajaran BKKBN Jatim saat menerima kunjungan Tim Penilai /Ist

Bicarasurabaya.com – Pada bulan November 2019, unit kerja Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur mendapatkan predikat ZI-WBK. Ini sebagai wujud komitmen jajaran pimpinan dan segenap Aparatur Sipil Negara (ASN) Perwakilan BKKBN Provinsi Jatim.

“Predikat ZI – WBK (Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi) yang telah kami terima menyemangati kami untuk terus mempertahankan integritas dan akuntabilitas, berkinerja lebih efektif dan efesien, serta meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” kata Kepala Perwakilan BKKBN Jatim, Sukaryo Teguh Santoso dalam keterangan resmi tertulis, Selasa (17/11/2020).

Berdasarkan Permen PANRB No 60 Tahun 2012 tentang Pedoman Pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM di Lingkungan K/L dan Pemerintah Daerah, Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) adalah Sebutan atau predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja.

Baca Juga:  BKKBN Jatim Perkuat Program Bangga Kencana bagi Penyuluh KB

Tentunya, kata Teguh, unit kerja itu telah mempunyai syarat indikator hasil WBBM dan memperoleh hasil penilaian indikator proses di atas 75 pada ZI yang telah memperoleh opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dari BPK atas laporan keuangannya.

“Tahun ini (th 2020) merupakan tahun yang cukup berat bagi kami untuk mengelola program Bangga Kencana di Jawa Timur. Karena sejak Februari sampai dengan saat ini masih dihadapkan pada Pandemi Covid-19. Meskipun demikian, kami tidak patah semangat,” ujar Teguh

Baca Juga:  IPeKB Jatim Kuatkan Konsolidasi Dukung BKKBN Menuju ZI WBBM

Selain harus mempertahankan prestasi yang telah diraih, perwakilan BKKBN Jatim memastikan terus bahu-membahu bersama mitra kerja melakukan berbagai terobosan untuk meningkatkan kualitas pelayan kepada masyarakat Jatim

“Tanpa mengecilkan inovasi lainnya, siapbahagia.com dan Wisata KB merupakan inovasi yang kami andalkan. Karena langsung dirasakan manfaatnya bagi masyarakat khususnya di era New Normal,” papar Teguh.

Dari terobosoan yang telah dilakukan tersebut, rupanya menunjukkan hasil yang signifikan. Pertama, berdasarkan data SR bulan September 2020, CPR T 65,24 R 75,74. Kedua, CPR MKJP T 24,79% R 28,69 persen (bahkan selama momentum WCD agustus-september, realisasi capain target MKJP sebesar 120npersen).

Baca Juga:  BKKBN Jatim Perkuat Program Bangga Kencana bagi Penyuluh KB

Ketiga, DO KB T 26,82 persen R11,98 persen. Keempat, jumlah keluarga yang menjangkau pelayanan informasi dan Konseling melalui layanan siapbahagia.com sebanyak 6.824 keluarga.

Kelima, yakni kepuasan terhadap pelayanan Kantor Perwakilan BKKBN Jatim, selama pandemi 95 persen menyatakan bahwa pelayanan yang diberikan Istimewa. Keenam, Juara I Tingkat Nasional ADPIN AWARD Kategori Lini Lapangan.

“Semangat kami adalah mempertahankan apa yang telah Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur peroleh yaitu ZI-WBK, seraya terus berupaya keras untuk mencapai yang lebih baik yaitu ZI-WBBM,” pungkas Teguh. (BS02/04)