KMS Siapkan ‘Omah Medang’ untuk Tampung Hasil Karya Anggota dan Masyarakat

Berbagai produk daur ulang limbah yang ada di galeri Omah Medang /dok. KMS
Berbagai produk daur ulang limbah yang tersedia di galeri Omah Medang /dok. KMS

BicaraSurabaya.com – Komunitas yang akrab disapa KMS (Komunitas Muda-mudi Surabaya) ini terus menunjukkan ide-ide cemerlangnya. Tentunya, ide tersebut masih berkaitan dengan kepedulian terhadap lingkungan dan sosial.

Terbaru, komunitas yang digawangi Zubaidulloh ini meresmikan galeri baru di Kantor Sekretariat KMS, Jalan Kendangsari 7 / 44D Surabaya. Galeri yang diberi nama ‘Omah Medang’ itu bertujuan untuk menampung berbagai hasil karya dari anggota dan produk UMKM masyarakat.

“Jadi seperti hasil-hasil karya masyarakat yang sebelumya pernah didampingi KMS, seperti pelatihan daur ulang limbah rumah tangga,” kata Ketua KMS, Zubaidulloh kepada media ini, Jum’at (16/10/2020).

Omah Medang rupanya tak hanya menyediakan berbagai hasil karya daur ulang dari limbah barang bekas. Di galeri ini, juga tersedia bahan-bahan untuk berkebun, seperti tanah kompos, benih, pupuk cair organik hingga produk dari Pomosda Nganjuk.

“Kami juga menyediakan produk-produk UMKM dari wilayah Kecamatan Tenggilis Mejoyo,” kata Ubed sapaan lekatnya.

Bagi Ubed, Omah Medang bukan sekadar galeri untuk tempat menjual atau promosi hasil karya daur ulang dan produk UMKM. Namun, Omah Medang adalah rumah bagi KMS untuk berkreasi dan berkarya bersama masyarakat.

“Sebagian hasil penjualan di Omah Medang kita gunakan untuk membiayai kegiatan sosial KMS,” kata Ayah dua anak ini.

Menariknya, berbagai macam bentuk kegiatan pun telah disiapkan Ubed bersama anggotanya di Omah Medang ini. Seperti, pelatihan daur ulang sampah menjadi barang bernilai ekonomis, hingga bertanam sayur sehat di lahan sempit.

“Rencananya kita akan adakan pelatihan di Omah Medang minimal satu bulan sekali,” tandasnya. (BS02)

SHARE: