ITS Resmikan PUI-AHeS Secara Daring

Gedung perpustakaan Kampus ITS /net
Gedung perpustakaan Kampus ITS /net

BicaraSurabaya.com – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) meresmikan Pusat Unggulan Ipteks – Artificial Intelligence for Healthcare and Society (PUI-AIHeS) secara daring, Kamis (15/10/2020). Ini sebagai bentuk keseriusan ITS dalam berkontribusi bagi bangsa di bidang kecerdasan buatan (artifisial) dan kesehatan.

Rektor ITS Prof Mochamad Ashari menyampaikan, bahwa kecerdasan artifisial ini memiliki peran yang sangat strategis dan cakupan yang luas. Meski masih baru, PUI-AIHeS ditargetkan untuk dapat segera memenuhi Technology Readiness Level (TRL) dan Commercial Readiness Level (CRL).

“Hal tersebut mencakup beberapa poin yakni ide, konsep, pembuktian teori, penciptaan prototipe, sertifikasi, hingga produksi massal,” kata Ashari dalam keterangan tertulis yang diterima media ini, Kamis (15/10/2020).

Ia mengungkapkan bahwa di tahun 2021 nanti, ITS akan fokus untuk bidang kesehatan dan kecerdasan artifisial. Guru besar Teknik Elektro ITS ini mengharapkan pula bahwa PUI baru ini dapat bekerja sama dengan pusat riset, pusat kajian, dan seluruh laboratorium di ITS.

“Serta dapat membentuk konsorsium, menentukan topik untuk dikerjakan, hingga hilirisasi menghasilkan produk baru,” jelas dia.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Rektor IV ITS Bidang Riset, Inovasi, Kerjasama, dan Kealumnian, Bambang Pramujati menjelaskan, produk dari PUI-AIHeS ini sebenarnya sudah banyak dan tinggal mendesiminasikannya ke masyarakat. Ia berharap PUI-AIHes dapat meningkatkan kemandirian teknologi ITS.

“Riset, inovasi, serta produk inovatif itu akan jadi tulang punggung pengembangan institut untuk menjadi kampus yang bermanfaat bagi masyarakat,” ujar dosen Teknik Mesin ini.

Sementara itu, Kepala PUI-AIHeS Dr Ir Endroyono DEA menyebutkan bahwa PUI ini memiliki lima program pengembangan. Di antaranya yakni, penguatan kelembagaan, peningkatan ekselensi, pengkomersialisasian, perumusan isu dan riset strategis, hingga kerja sama dengan industri.

Pihaknya berharap, ini dapat menjadi pusat dan rujukan dalam pengembangan teknologi di bidang kecerdasan artifisial untuk bidang kesehatan demi kepentingan masyarakat dalam skala nasional maupun internasional.

“Launching ini sebagai tanda bukti bahwa PUI-AIHeS sudah menjadi bagian dari ITS untuk mendukung ketercapaian program ITS ID 4.0,” tutup dia. (BS02)

SHARE: