Upacara HUT ke-75 Jatim juga Digelar Virtual, Diikuti 5 Ribu Partisipan


Bicarasurabaya.com- Peringatan HUT ke 75 Provinsi Jawa Timur di gelar di halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (12/10/2020). Selain digelar secara langsung di Grahadi, upacara tersebut juga disiarkan via aplikasi zoom meeting yang diikuti 5000 partisipan.

Ribuan partisipan itu perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) termasuk Kantor Perwakilan Pemprov Jatim di Jakarta, BUMN – BUMD, Serikat Buruh-Pekerja dan UMKM di Jatim, Perguruan Tinggi di Surabaya, unsur elemen masyarakat lain serta media massa.

Bagi peserta dan undangan yang hadir langsung ke Grahadi, maka harus melakukan rapid tes terlebih dahulu atau menunjukkan bukti swab yang berlaku selama 14 hari. Protokol kesehatan pun diterapkan secara ketat saat upacara itu.

Upacara itu diawali dengan masuknya Pataka Lambang Jawa Timur Jer Basuki Mowo Beyo dan Penghargaan Republik Indonesia Sang Karya Parasamya Purna Nugraha ke lapangan upacara. Upacara itu dipimpin langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang bertindak selaku Inspektur Upacara.

Peringatan HUT Provinsi JawaTimur itu diperingati setiap tanggal 12 Oktober, karena mengambil momentum cikal bakal dimulainya Pemerintahan Provinsi Jawa Timur oleh Goebernoer Jatim pertama, Raden Mas Tumenggung (RMT) Ario Soerjo pada tanggal 12 Oktober 1945.

Nah, pada Peringatan HUT tahun 2020 ini, Gubernur Khofifah mengusung tema “Semangat Nawa Bhakti Satya (NBS) untuk Jawa Timur maju”.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam amanatnya mengatakan, spirit NBS untuk Jatim maju ini tetap harus dijaga dan semangat mewujudkan 9 bhakti untuk Jatim ini tetap harus dilaksanakan meskipun di tengah pandemi Covid 19.

“Tema tersebut merupakan sebuah tekad bahwa di tengah pandemi Covid-19, semangat untuk mewujudkan masyarakat Jawa Timur yang terdepan, religius dan sejahtera lahir batin melalui 9 bhakti bagi Jawa Timur tetap senantiasa kita jaga,” kata Khofifah.

Kemudian ia mereview kembali Nawa Bhakti Satya yang meliputi 9 bhakti itu, terutama pada saat suasana wabah pandemi ini. Satu persatu dia jelaskan hingga detail. (BS01)

SHARE: