Mensos Puji Penanganan Bansos di Kota Surabaya

"Wali Kota Risma Top 3 Kepala Daerah Terbaik"

Mensos, Juliari P. Batubara saat bertemu Risma di rumah dinas wali kota, Jalan Sedap Malam Surabaya, Selasa (7/10/2020)

BicaraSurabaya.com – Menteri Sosial (Mensos), Juliari P. Batubara memuji penanganan bantuan sosial (bansos) yang ada di Kota Surabaya. Menurut dia, hal ini tak lepas dari sosok Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini beserta dukungan dari jajaran di Pemkot Surabaya.

“Bisa dibilang Wali Kota Risma itu top 3 kepala daerah yang terbaik,” kata Mensos saat bertemu Risma di rumah dinas wali kota, Jalan Sedap Malam, Selasa (7/10/2020).

Mensos menyatakan, di tengah pandemi Covid-19, banyak pemerintah daerah yang menggantungkan bantuan ke pemerintah pusat. Namun, hal itu justru berbeda dengan Kota Surabaya.

“Jadi tidak sedikit-sedikit urusan ke pemerintah pusat. Bisa ditanggung sendiri, bisa dihandle sendiri dengan segala sumber daya yang dimiliki Kota Surabaya,” ungkap dia.

Karena itu, Mensos menyebut, kesuksesan Kota Surabaya dalam penanganan bansos ini dapat ditiru dan menjadi inspirasi daerah lain. “Kesuksesan Wali Kota Risma ini dapat menjadi inspirasi bagi kepala daerah lain,” pesan dia.

Sementara itu, Wali Kota Risma menyatakan, sebagai pemimpin daerah memang sudah berkewajiban untuk mensejahterakan masyarakat. Meski terkadang sulit untuk mewujudkan itu, namun jika dilakukan dengan tulus maka ini tidak akan menjadi kendala.

“Saya ingin menyampaikan bahwa memang kami diwajibkan untuk mensejahterakan warga yang kurang mampu,” kata Risma

Salah satu upaya untuk menyejahterahkan warga adalah dengan berbagai program yang diinisiasi Pemkot Surabaya. Antara lain, sekolah gratis mulai jenjang SD hingga SMP, hingga program permakanan bagi lansia maupun disabilitas

“Jadi tujuannya adalah menyejahterakan warga. Tidak usah khawatir kalau kita melakukannya dengan tulus kita akan mendapatkan itu (surga),” ungkap dia. (BS02)

SHARE: