Turunkan Kekuatan Penuh, Pemkot Surabaya Bersihkan Bekas Demo

Petugas dari jajaran Pemkot Surabaya membersihkan puing-puing bekas aksi demo | Ist

Bicarasurabaya.com – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menurunkan kekuatan penuh untuk membersihkan sampah-sampah dan barang-barang yang rusak bekas demo di sekitar Jalan Basuki Rahmad hingga depan Gedung Negara Grahadi, Kamis (8/10/2020) malam.

Tanpa menunggu lama, Risma langsung memunguti batu-batu dan sampah-sampah yang berserakan di jalanan. Tak lama kemudian, alat berat hingga truk-truk DKRTH berdatangan. Mereka langsung membersihkan dan mengangkut pot-pot yang pecah karena dipecahkan oleh demonstran.

“Ini dulu dibersihkan, diangkut pot-potnya itu. Tanamannya diangkut diamankan dulu,” kata Risma kepada jajarannya.

Ia juga memerintahkan Dinas Cipta Karya untuk mengecat tulisan-tulisan fandalisme yang dilakukan oleh para demonstran. Bahkan, tulisan-tulisan kotor di jalanan langsung disemprot dan dibersihkan oleh DKRTH.

Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hujau (DKRTH) Surabaya, Anna Fajriatin memastikan, bahwa Pemkot menurunkan kekuatan penuh untuk membersihka sampah dan barang-barang yang dirusak oleh para demonstran. Sebab, kerusakan di lapangan sangat parah dan perlu penanganan segera.

“Jadi, atas perintah Bu Wali, kami angkut dulu semuanya bunga-bunga yang rusak dan bola-bolanya juga kita angkuti dulu,” katanya.

Anna juga menjelaskan bahwa tanaman yang dirusak itu nantinya akan dibawa dulu ke Kebun Bibit untuk ditenangkan. Sebab, bagaimana pun juga, tanaman itu adalah makhluk hidup yang kemungkinan juga stres setelah tadi dirusak oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Kita tenangkan dulu supaya tidak stres. Baru nanti kalau demonya sudah kelar dan sudah ada perintah lagi dari Bu Wali, baru kami akan tata kembali seperti sedia kala,” tegasnya.

Ia menargetkan semuanya bisa dibersihkan malam ini hingga clear dan bersih semuanya, sehingga diharapkan besok pagi ketika warga Surabaya mulai beraktivitas sudah nyaman kembali.

“Semoga malam ini clear semuanya dan bersih. Apalagi ini semua dinas turun untuk bersih-bersih,” pungkasnya. (BS01)

SHARE: